Sabtu, 15 Agustus 2015

SANGATTA? itu apa,sih?

"SANGATTA?"
"itu apa?"
"dimana?"
"daerah mana?"
"hutan,ya?"
"oh, yang banyak buayanya itu,kan?"
"ada signal gak sih, disana?"

Assalamualaikum! hi everyone, wassup? ada salam nih dari anak kelahiran Sangatta yang lagi berjuang nyari ilmu dikota orang. LOL berat bgt ya bahasanya? -__-

Hari ini gatau kenapa lagi kangen banget sama Sangatta. udah sekitar sebulan gak pulang kerumah. kali ini mau nyeritain tentang Sangatta deh, Berhubung Sangatta belum banyak dikenal. Saya kadang suka kesel sih, kalau ditanyain sama orang Kalimantan Timur yang nggak tau Sangatta itu dimana. Sekecil itukah Sangatta sampe masih ada yang belum tau? padahal kan kita di provinsi yang sama? Sedih.

Sangatta itu, kota kecil didalam hutan. Berada di Kutai Timur, Kalimantan Timur.
Jangan di anggap remeh dong, Sangatta ini masyarakatnya makan batu bara! elite kan? hahaha.
Sangatta terkenal dengan batu baranya, hampir semua orang menghasilkan uang dari batu bara. yang paling terkenalnya sih, PT. KPC ( Kaltim Prima Coal) karena perusahaan tersebut banyak membantu perkembangan Sangatta. Bukan hanya KPC, namun masih banyak perusahaan yang lainnya yang ga bisa disebutin satu-satu. ntar pegel soalnya.

Meskipun jauh dari Ibukota, (baca: Samarinda) but pendidikan di Sangatta ga kalah sama kota besar di Kalimantan Timur. Pelajar Sangatta itu harus diakui kalau semuanya pinter-pinter. bahkan ada atlet dari Sangatta yang udah sampai di Internasional. Pada tahun 2013, peraih nilai UN tertinggi tingkat SMP se-Kaltim juga diperoleh dari Siswi Sangatta. Keren khan?

Banyak buaya? iya emang banyak buayanya. tapi masa iya buayanya keliaran di jalan raya? ya nggak lah, buayanya cuma ada di sungai. so ngapain sih takut ke Sangatta? emang lu mau tidur di sungai? ngga kan -_-

Signal? yaelah dikira Sangatta apaan nggak punya signal. ya adalah! semua provider juga signalnya nyampe kok ke Sangatta.

so jangan mikir kalau Sangatta itu hutan banget ya. sangatta itu kota kok. sekarang udah bagus, gak kayak dulu. rawa-rawa everywhere.

mall? ada. STC (Sangatta Trade Center. Iconnya Sangatta? ada townhall dan Bukit Pelangi. pantai? ada teluk lombok. sekolah yang bagus? BANYAK. saya Alumni dari TKIT Daarussalaam, SDN 004 Sangatta Utara, dan SMPIT Daarussalaam. Sekolah tersebut bagus kok, bagus banget malah. hehe. dan masih banyak sekolah bagus lainnya yang sering mengikuti lomba sampai ke luar kota.

universitas? ada laaah. ada STIPER, STAIS, dan ada STIE.

Jeleknya? sebenernya semua kota pasti ada kelemahannya yah. kalau di Sangatta sih, panasnya gak ada takarannya. PANAS BANGET, dan debunya mahadahsyat. But, meskipun begitu, Sangatta selalu bikin kangen. sejauh apapun kamu pergi dari Sangatta, pasti bakal bikin kangen, bahkan kangennya bikin sampe nangis wkwk *abaikan curcol.

And did u know, Pohon Ulin terbesar di seluruh dunia terdapat di Kutai Timur. yaitu di TNK ( Taman Nasional Kutai). belum pernah ke TNK? belom gauuuul.

Masjid termegah di Sangatta adalah masjid Agung tepatnya di Bukit Pelangi. kalau kata anak gaul Sangatta sih, Rainbow hill.

oh ya, di Rainbow Hill itu pemandangannya bagus. sering dijadiin tempat hunting sama anak gaul di Sangatta. kalau misalnya ada keluarga kita yang datang jauh dari luar kota, pasti kita bakal bawa ke Bukit Pelangi (Rainbow Hill), karena disana pemandangannya bagussss.

Pokoknya sekarang bisa dibilang fasilitas untuk masyarakat di Sangatta sudah termasuk lengkap. Masih banyak sih kelebihannya. tapi jari ini tak mampu mendeskripsikan seluruh Sangatta. hehe

So guys khususnya para remaja, jangan malu jadi orang Sangatta! yuk buktiin meskipun kita tinggal di kota yang banyak orang gak tau, tapi kita bisa mencetak banyak prestasi.

maaf kalau BANYAAAK banget salahnya ya. hehehe.
wassalam~






3 komentar: