Selasa, 19 Februari 2013

Kelebihan dan Kekurangan Twitter


Manfaat Menggunakan Twitter

Bisa dibilang saya adalah pengguna aktif Twitter. Saya aktif menggunakan Twitter kurang lebih sudah 3 tahun lamanya. Entah kenapa saya lebih senang menggunakan twitter dibandingkan jejaring sosial yang lain. Saya banyak mendapatkan pengalaman melalui twitter, baik itu teman,kejadian,dan lain sebagainya. Selama saya menggunakan twitter,saya setuju dengan pernyataan manfaat tentang twitter sebagai berikut.
Media silaturahmi
Dengan memfollow dan difollow oleh keluarga dan teman-teman Anda, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi dengan mereka. Keuntungan yang ditawarkan oleh Twitter adalah Anda hanya perlu sekali mengirim suatu informasi, dengan seketika informasi tersebut disampaikan kepada kerabat Anda. Dengan mudah Anda juga dapat mengetahui apa yang dipikirkan oleh kerabat Anda dan mereka sedang berada di mana melalui update yang mereka kirimkan.
Mendapatkan berita terkini
Ada begitu banyak media cetak dan elektronik yang aktif di Twitter (@korantempo, @ssfm100) . Anda dapat memfollow mereka untuk mengetahui berbagai berita terkini. Bukan hanya berita politik dan ekonomi, Anda juga dapat mengetahui kondisi lalu lintas (@tmcpoldametro, @tmcpoldajabar) dan bencana alam (@infogempabmg) yang terjadi di sekitar Anda. Sehingga sebelum sesuatu yang buruk terjadi, Anda sudah dapat melakukan tindakan antisipasi.
Mendapatkan motivasi
Ada banyak motivator baik dalam dan luar negeri yang rutin membagikan kata-kata motivasi di akun twitternya (@tonyrobbins, @johncmaxwell, @tungdw, @nutrisijiwa). Silahkan follow mereka untuk mendapatkan semangat yang baru setiap hari.
Sumber pemecahan masalah
Twitter itu gudangnya orang-orang intelek. Di sana Anda dapat menemukan orang-orang yang ahli di bidangnya masing-masing, dari ahli pemasaran offline (@jamesgwee, @hermawank) hingga pakar pemasaran online (@joelcomm, @problogger) ada di Twitter. Jika Anda menemukan jalan buntu, silahkan mention mereka.
Sumber penghasilan
Ini yang saya suka. Dari ngetweet Anda bisa mendapatkan uang. Ada banyak program pay per tweet baik dalam maupun luar negeri yang bersedia untuk membayar Anda untuk setiap iklan mereka yang Anda tweet. Untuk yang lokal ada @idblognetwork.
Cc:Wibowo turnady 
Nah,kalau ini keunggulan Twitter dibandingkan dengan jejaring sosial yang lain
Meskipun di Indonesia adalah negara ke tiga pengguna twitter terbanyak setelah Amerika dan India, masih banyak yang belum memakai jejaring sosial yang satu ini. bahkan dari banyak yang saya pernah tanya sama teman-teman, banyak yang pasif dan bahkan terbilang tidak mau menggunakan twitter dibanding jejaring sosial lain. alasannya jejaring lain seperti pesbuk memiliki lebih banyak fiturnya, mau update status bisa panjang bangat, sedang di twitter hanya 140 karakter..oalalaaa
nah dari fenomena itu ane mau shering tentang kelebihan twitter dibanding jejaring sosial lain. awalnya sih ane pengguna aktif pesbuk. tapi setelah ana main-main ke twitter dan coba untuk aktif, banyak kelebihan-kelebihan yang kita bisa dapatkan, tidak hanya berbagi tapi dari twitter juga kita bisa mendapatkan informasi yang padat singkat, dan jelas. ciee, kaya wartawan aje..hehehe
1. Hanya 140 karakter.
orang banyak mengeluh dengan batasan Kicauan update status yang di fasilitasi twitter hanya 140 karakter, tapi tau gak dari 140 karakter itu malah menjadi salah satu ke unggulan twitter. karena dari jumlah yang sedikit itu informasi akan lebih singkat dan lebih mudah untuk di baca. untuk orang yang suka baca berita atau postingan dari blog atau website akan ada link singkat di bawahnya untuk membaca lengkap postingan tersebut.
2. Update Timeline cepat.

bayangin setiap menit update timeline di twitter pasti bertambah, tapi dengan catatan kita harus follow yang bisa memberikan manfaat, seperti halnya berita, atau informasi olahraga, yang bisa membuat kita berjejaring sosial tidak sia-sia.
3. Pertemanan Tidak terbatas
Kalau Di jejaring sosial lain pertemanan terbatas, seperti pesbuk yang tidak lebih dari lima ribu, di twitter pertemanan atau Follower bisa sampai jutaan. enak juga ya punya follower sebanyak itu. ane aja baru punya 7 ribu follower aja udah asik.hehe itu follower loh, bukan following o_O
4. Pemimpin Negaran pun ada twitter
kalau pesbuk, biasanya orang-orang besar, seperti artis, model, pelawak, politis, mereka lebih banyak menggunakan fanpage di banding punya akun sendiri. karena di pesbuk akun pribadi hanya bisa menerima tidak lebih dari 5.000 teman dalam satu akun. Mungkin itulah sebab kenapa orang-orang besar lebih memilih menggunakan Page pesbuk dari pada akun pribadi. nah kalo di twitter akun pribadi bisa menerima perteman sebanyak mungkin, bahkan sampai jutaan. makanya itu tidak heran kalau orang-orang besar lebih memilih menggunakan Twitter dibanding pesbuk. Di indonsia sebut saja Agnes Monika yang sudah mempunyai Lebih dari 5 juta Follower, Sherina Munaf Lebih dari 4 Juta, Pelawak sule Lebih dari 3 juta. Nah kalau Artis dunia, Ada Lady Gaga yang mempunyai Follower lebih dari 27 Juta follower. dan pesapak bola Ricardo Kaka lebih dari 12 juta followers. kalau di politisi ada presiden amerika yang paling banyak di follow orang , dan sekarang sudah mempunya lebh dari 18 juta follower. dan masih banyak lagi pemimpin negara yang aktif menggunakan twitter. baca di postingan saya di blog (gak sempat di posting di kompasiana)
cc: Rahmat Ibrahim


Tetapi Twitter juga ada kelemahannya

Description: http://1.bp.blogspot.com/-QoZgHFIW9Og/TWMLzjZlY5I/AAAAAAAAAFo/GNnoOpYI6zs/s1600/kekurangan+twitter.jpg
Tidak salah kalau kita mengatakan bahwa Twitter adalah situs jejaring kedua terpopuler setelah facebook. Dan memiliki pagerank #10. 
Betapa tidak banyak artis atau selebritis yang menggunakannya untuk berbagi aktivitasnya, sehingga kita pun ikut juga menggunakannya. Akan tetapi tahu nggak klo ada beberapa kekurangan dari twitter ini yang cukup mengerikan (sangat fatal) di banding situs jejaring sosial lainnya seperti facebook.
Berikut beberapa kekurangan dari twitter ini:


1. Tidak ada pilihan bahasa indonesia


Ini mungkin yang paling mengecewakan, meski kita paham bahasa inggris. Namun, kita juga pasti ingin bahasa     yang ada adalah bahasa milik kita yakni bahasa indonesia, atau mungkin mereka menganggap bahwa pengguna yang berasal dari Indonesia masih sedikit sehingga pilihan bahasa indonesia ditiadakan.


2. Terlalu sering error
Ini yang paling menyebalkan, misalnya kita ingin login tiba-tiba muncul over capacity. Kacau..... Bukan hanya pada saat login, saat di setting dan kita mau save kadang muncul pesan error ini. Mana keprofesonalan twitter klo kayak gini.??


3. Following yang dibatasi
Alih-alih dengan twitter kita pingin punya banyak teman, koq malah dibatasi. yupz benar sekali.... Pada twitter jumlah following kita dibatasi hingga cuma 2000 orang. Selebihnya akan muncul pesan error. Dan ini terjadi pada akun twitter saya ( imran_dias ), saat jumlah following mencapai 2000 saya gak bisa menfollow orang lain lagi. Untung follower sudah 1200-an. Jadi, terpaksa degh saya mau hapus dulu 200 orang yang saya rasa tidak perlu.


4. Pencarian terbatas
Saat kita mencari orang lain yang muncul kadang yang berasal dari luar negeri, sangat sedikit yang dalam negeri. Itu pun kadang pencarian gagal

cc:Imran Dias

Dapat disimpulkan, Manfaat dan Kerugian Twitter adalah sebagai berikut:


-Kelebihan:
+Mudah dinavigasi & Memperbarui, "link to" & mempromosikan apapun.
+Menjangkau lebih luas tidak hanya teman
+Satu Feed untuk semua pengguna atau siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali di blokir
+Alat komunikasi yg cepat tanggap
+Sobat tidak perlu sign in untuk mendapatkan update, sobat bisa menggunakan aplikasi RSS reader
+Sangat interaktif, exstensible messaging platform dengan API terbuka
+Banyak aplikasi yg sedang di kembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
+Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel

+Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
+Twitter lebih terukur dari Facebook & memberikan keuntungan biaya
kelemahan:
-Kemampuan terbatas: menemukan orang2, mengirim pesan singkat, balasan langsung
-Di batasi 140 karakter per update
-Tidak semua orang menemukan manfaatnya langsung, seperti ane 
Description: biggrin
-Lebih menekan pada penghitung follower
-Mudah di salah gunakan untuk spam & meningkatkan tingkat kebisingan
-Relatif lebih kecil basis pengguna di instal
-Belum ada strategi keuangan yg mudah & jelas

So Gunakanlah twitter dengan sebaik-baiknya.Semoga Bermanfaat!


1 komentar:

  1. saya baca postingan ini tentang kelemahannya.,
    bahasa indonesia bisa ko.,
    terus following juga bebas ga terbatas., lihat aja punyaku @djawadreang

    BalasHapus