Sabtu, 16 Februari 2013

About Bullying (Tips menghadapi bullying)

Selamat pagi! Ohayou! Kemarin saya habis nonton film,filmnya cukup menambah pengetahuan dan kesadaran sih, ceritanya itu tentang anak yang sering dibully dimana pun dia berada. Lagak nya memang terlihat agak sedikit aneh,mungkin sebab itulah dia sering dibully.

Definisi : Bullying adalah bentuk agresi pada satu atau lebih anak secara berulang yang dengan sengaja mengintimidasi, melecehkan, atau membahayakan secara fisik korban yang dianggap tidak mampu membela dirinya sendiri.
 Bullying memang sempat menjadi hot topik beberapa waktu yang lalu. Bullying yang tidak segera di tanggulangi memang dapat membahayakan kesehatan jiwa sang anak. Untuk itu dibutuhkan metode untuk menghadapi tindakan bullying ini. Tentunya hal ini juga dapat membuat anak lebih nyaman di sekolah.
     Bullying adalah masalah kompleks yang sering dialami oleh anak-anak di sekolah. Efek negatifnya bukan hanya dirasakan korban, tetapi juga pelaku dan saksi bullying itu sendiri. Tetapi sebenarnya apa kunci melawan tindak bullying? Simak jawabannya seperti yang dilansir dari She Knows (02/11) berikut ini.

Berpikiran positif
     Melalui sebuah penelitian, Shawn Achor dan adiknya Amy Blankson menemukan bahwa genetik mungkin memberi pengaruh besar pada sikap dan sifat seseorang. Jadi selalu berpikir positif sebenarnya adalah cara paling sederhana melawan bullying.
     "Orang-orang yang berpikiran positif punya dimensi positif di atas rata-rata, seperti selalu bersikap optimis dan berpikiran cerdas. Memang kebahagiaan itu pilihan, tetapi seseorang bisa mengusahakannya," terang Achor.
     Jadi, mengajari anak agar selalu berpikiran positif perlu dilakukan oleh para orang tua. Dengan demikian anak akan memiliki kontrol lebih baik terhadap dirinya daripada ikut terbawa situasi buruk yang ada di sekitarnya.
Berikut tips untuk menghadapi Bullying
  • Berbicaralah dengan orang lain
Ketika mengalami masalah ini, berbicaralah dengan orang lain dan beritahukan pada orang terdekat Anda atau pun yang berwenang. Misalnya Anda seorang remaja yang ditindas oleh beberapa anak di sekolah atau Anda adalah seorang karyawan yang di bully oleh rekan kerja yang lain, bicarakan hal ini dengan seseorang yang berwenang. Berbicara dengan seorang manajer, orangtua, seorang konselor, atau pun guru. Berbicara adalah salah satu cara yang paling penting untuk menangani bullying. Apabila Anda tidak berbuat sesuatu pada hal ini; tindakan ini akan terus membuntuti Anda.
  • Pastikan Anda didengar
Kadang-kadang Anda harus memberitahu lebih dari satu orang. Ini adalah fakta yang disayangkan bahwa kadang-kadang orang yang mengetahui hal ini tidak melakukan apa pun. Mereka tidak berpikir serius, mereka tidak tahu bagaimana untuk menanganinya, dan ada juga yang berpikir tindakan ini hanya perbuatan yang kekanak-kanakan dan tidak penting. Dengan memberitahu lebih dari satu orang terdekat Anda, akan memastikan bahwa Anda didengar dan mereka menanggapinya dengan benar-benar serius.
  • Hindari situasi tersebut
Ini memang sedikit rumit, karena toh pastinya Anda tidak ingin mengalami situasi ini. Tak usah dikatakan bahwa salah satu cara yang paling efektif untuk menangani bullying adalah dengan membawa diri Anda keluar dari situasi ini. Anda dapat menemukan cara baru untuk berjalan ke sekolah atau duduk di tempat lain di kantin.
  • Tunjukkan bahwa Anda tidak takut
Menunjukkan bahwa Anda tidak takut juga merupakan cara penting untuk menangani bullying. Terkadang bila si pengganggu memiliki naluri seperti binatang liar. Mereka merasakan ketakutan dan kelemahan dan mereka menggunakan kelemahan yang dirasakan untuk mengganggu orang lain.
  • Tidak membalas dengan hal yang sama
Membalas dengan hal yang sama bukanlah tindakan yang terpuji dan patut untuk dilakukan. Kebencian tidak harus ditanggapi dengan kebencian, karena permasalahan tidak akan ada habisnya; yang ada malah menciptakan siklus yang berkelanjutan. Jadi sebaiknya Anda tidak membalas dengan hal yang sama.
  • Beranikan diri untuk membela diri sendiri
Beranikan diri untuk membela diri sendiri; jika bukan Anda yang membela diri Anda sendiri siapa lagi yang akan memulainya. Ada beberapa cara untuk melakukannya, cara-cara seperti poin di atas termasuk salah satu cara untuk membela diri.
  • Jangan terlihat lemah
Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu yang melibatkan si pengganggu Anda. Sekali lagi, ia akan melihat bahwa Anda rentan dan lemah, dan hal ini lah yang memberi kekuatan bagi si  pengganggu. Tidak usah terlibat dalam kekerasan atau terpancing emosi, dan jangan biarkan si pengganggu melihat Anda menangis.
  • Cari dukungan
Jika tidak bisa diatasi sendiri, carilah bantuan dan dukungan. Adanya kelompok-kelompok pendukung mungkin bisa membantu dan memberikan dukungan moril, terutama dalam kasus-kasus bullying yang ekstrim. Hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa Anda tidak sendirian, orang lain juga bisa mengalami hal yang sama, dan Anda akan lebih kuat bersama-sama daripada Anda menghadapinya sendirian.
cara menghadapi situasi bullyingAda berbagai cara menghadapi situasi bullying, dan ini juga tergantung pada situasi yang dialami. Tidak seorang pun yang pantas mengalami kasus bullying, dimana pun ia berada. Selain itu, jika Anda melihat orang lain ditindas, Anda dapat melakukan apa yang Anda bisa untuk membantu. Apapun alasan yang menjadikan bullying terjadi tidak dapat dibenarkan; apakah seseorang itu memiliki berat badan, memiliki kelebihan dibandingkan yang lain, atau seseorang itu terkenal. Bahkan aktor atau aktris pun ada yang mengalami kasus bullying; seperti Eminem, Vanessa Hudgens, Taylor Swift, atau bahkan Robert Pattinson sekalipun. Berurusan dengan bullying memerlukan keberanian serta kepercayaan diri, dan hal inilah satu-satunya cara untuk membuatnya berhenti. Apakah Anda pernah diganggu atau menyaksikan orang lain ditindas? 

Semoga bermanfaat ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar