Rabu, 08 Juli 2015

Jurusan Bahasa, Jurusan yang Anti Mainstream

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh..
(Dijawab ya salamnya:p dapet pahala loh)

Oke langsung bahas topik aja deh, kali ini pengen bahas tentang jurusan yang saya pilih dan saya inginkan sejak SMP yaitu jurusan bahasa. Kenapa sih saya pengen masuk bahasa? Apa bagusnya bahasa? Mau jadi apa kalau masuk jurusan bahasa? Yakin masuk bahasa? Hufh munyak jua dengar pertanyaan nang kaya itu tarus 😜.

Ok saya langsung bahas aja biar adik adik yang kepo dan pengen banget masuk bahasa tambah langsung termitivasi dan 'memperbaiki' fikiran people people awam yang ngecap bahasa itu jurusan yang gimpil dan ga ada apa-apanya dibanding jurusan  IPA & IPS.

Kalau ditanya, 'KENAPA MASUK BAHASA?' Ya jawabannya karena menurut saya bahasa adalah bidangnya saya. Saya suka nulis, etapi terlalu tinggi untuk dikatakan hobi nulis. Suka nulis, yaa nulis yang gini gini doang si, yang gaje kaya gini yang penting isi fikiran diotak bisa terluapkan karena saya terlalu punya banyak imajinasi dikepala😜😜😜. Saya juga suka mbaca, pastinya membaca yang asik. Sesuai sama jaman, kekinian gitu. Kalau yang baku, ya ngga begitu suka, maklum namanya juga remaja ye gakπŸ˜†. Saya suka baca novel yang romance dan yang konfliknya ribet, masuk akal, dan pastinya gak mainstream. Saya suka nulis cerpen, suka banget ngirim cerpen dilomba-lomba yang ada di internet, meskipun ga pernah menang sampai detik ini at least pastinya tulisan saya dibaca sama jurinya😜. Pokoknya saya suka aja gitu sama yang berbau bahasa, juga sangat kagum sama sastrawan yang begitu dahsyat imajinasinya sampai membuat prosa,puisi,novel yang bahasanya sangat asdfghjkl yang saya tak mampu menjabarkannya.

APA BAGUSNYA JURUSAN BAHASA?  Ya bagus lah! (Tanda seru). Semua jurusan punya kelebihan masing-masing kok. Ga ada jurusan yang 'ala kadarnya'. Semua pasti ada manfaatnya lah. Termasuk jurusan yang saya banggakan ini, BahasaπŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ». Kita di bahasa,(kalau di sekolah saya, di MAN 2 SAMARINDA) belajar 5 bahasa. Yaitu Bahasa Indonesia(of course), Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Jerman, dan Bahasa Jepang. Banyak banget yak? Iyalah. Itu sebabnya kita anti mainstream. Jurusan yang lain ga ada tuh yang belajar bahasa Jepang. Kita bisa baca huruf Jepang, seperti Hiragana dan Katakana bahkan kita juga menghafal tulisan kanji. Ya meskipun anak IPA & IPS yang membaca ini akan berkata

anak IPA be like.. "kalian ga belajar biologi, kimia,fisika, kayak kita" (belajar kok cyin, waktu smp dan kelas 10 hehe)

Anak IPS be like.. "Kalian juga  ga belajar akuntansi,ekonomi,geografi,sosiologi, kayak kita" (itu kan masuk pelajaran ips waktu SMP cyin. Sosio? Ett kita juga ada antropologi yang menurut saya pembahasannya ga beda jauh sama sosiologi)

MAU JADI APA KALAU DI JURUSAN BAHASA? Yaelah pake nanya. Bahasa di butuhkan dimana-mana kok brosista. Mau jadi apa aja juga bisa. Sama hal nya seperti kakak kelas saya yang dari jurusan IPS yang sekarang mengambil pendidikan dokter gigi😁. Padahal itu ngejomplang banget kan sama jurusan IPS? Nah itu dia, dimana ada kemauan, disitu ada jalan.
Jurusan bahasa jadi guru? Bisa. Penulis, sastrawan, wartawan, reporter, bahkan Kedubes. Wow banget kan. Udah tau kan sekarang kalau lulusan sastra peluangnya sangat besar untuk masuk di kedutaan. Mau lanjut kuliah Hubungan Internasional dan Ilmu komunikasi pun ACC. Kakak kelas saya banyak yang ngambil jurusan itu, bahkan ada yang mengambil jurusan perfilm-an. Keren kan?
Kalau saya pribadi, saya merahasiakan cita-cita saya muahaha meskipun sebenernya ga ada juga yang pengen tau sih. Jadi yaudah. Yang jelas pastinya ga jauh jauh dari pekerjaan yang saya tulis.

Saya pribadi seneng banget jadi anak bahasa, jarang-jarang kan ada jurusan bahasa? Hehe. Kalau di kota saya, di Samarinda hanya ada 2 sekolah yang ada jurusan bahasanya. Yaitu sekolah saya dan di SMAN 2 Samarinda. Tapi karena saya adalah Madrasah, jadi kami spesial, ada bahasa arabnya ughaπŸ˜ŠπŸ˜†πŸ˜„.

Kalau ada yang bilang anak jurusan bahasa itu nyantai banget belajarnya, itu HOAX. (Bacanya hoks yah, bukan hoaksπŸ˜…πŸ˜‚πŸ˜“). Nyantai dari mana sis? Kite hapalan juga kali kaya orang laen. Kita hafalan kanji. Tugas? Tugas sastra adalah tugas yang paling extreme. Sangat menguji adrenalin. Karena disitulah letak kemampuan kita dibahasa. Seru banget pokoknya.

Keuntungan masuk bahasa? Hemm karena kita rata-rata orang bahasa(cielah orang bahasa) adalah orang yang tidak menikmati matematika, jadi kita sangat beruntung karena matematika di jurusan bahasa tidak serumit IPA bahkan tidak serumit waktu kelas 10 (to be honest).

Pada intinya, semua jurusan itu bagus kok. Dan semua orang itu punya pilihan. So, buat yang mau masuk bahasa, ngapain mesti mikir lagi mau jadi apa? Peluang pekerjaan banyak kok,guys. Ga usah dengerin orang-orang yang ingin membuatmu tidak memasuki jurusan bahasa. Jurusan bahasa emang jarang, maka dari itu disebut jurusan anti mainstreamπŸ˜‰πŸ˜πŸ˜œ.

Okeh sekian segini aja tulisan yang amburegul emeseyu ini, maafkan kalau banyak banget salahnya karena saya emang kebanyakan sok taunya hiks. Tapi semoga bermanfaat ya! Salam Sukses dari anak BahasaπŸ‘­πŸ‘¬πŸ‘«.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

3 komentar:

  1. blognya buat saya termotivasi ka~~ makasih. Saya jg jurusan bahasa di SMAN4 samarinda πŸ˜‚

    BalasHapus
  2. blognya buat saya termotivasi ka~~ makasih. Saya jg jurusan bahasa di SMAN4 samarinda πŸ˜‚

    BalasHapus
  3. Alhamdulillaah kalau gitu, semangat yaa Radiyah. Semoga sukses sekolahnya!:)

    BalasHapus